Rabu, 24 Agustus 2011

Semester Akhir (Mahasiswa Umumnya)

     Sekarang ini aku udah semester 8, kalau bahasa gaaooolll mahasiswa tuw udah angkatan tua.
     Buatku sihhh biasa aja karna kuliah itu gak mandang angkatan tua atau muda, cuma agak gengsi aja sihh kalo' kelamaan dikampus.
     Dikirain gak pernah kuliah atau emang bodoh dikampus.
     Dulu waktu masih mahasiswa baru atau angkatan muda juga aku mikirnya gitu kalau tau ada kakak kelas yang udah waktunya lulus tapi belum lulus.
          "nie orang kok belum lulus ya? kurang pinter atau emang dia males kuliah?", dalem hatiku aja dulu ngomongnya karna takut dihajar habis2an ... hahahaha ...
     eee ... eee ... eee ... sekarang ucapan tuw kembali ke aku sendiri, apa aku yang kurang pinter atau aku yang males kuliah.
      Lagi ... lagi ... aku menganalogikan setiap kejadian yang sedang atau telah aku alami.
     Lebih enak aku analogikan begini, "aku kuliah jauh2 ke sini dari rumah kalo' cuma modal pinter dan lulus cepet aja tanpa paham hasil kuliahku, buat apa? toh kerja juga gak cuma butuh skill akademik aja,banyak softskill diluar akademik yang dibutuhkan".
     Kenapa aku mikirnya gitu, karena aku gak pinter2 amat soal akademik ...
     Kalau akademik butuh softskill terpendamku, yaitu dalam memahami suatu hal, aku butuh pendalaman dan rasa pengen tau_ku tuw gede' banget. (pembelaan diri biar gak dibilang kurang pinter)
     Lha nilaiku juga gak bagus2 amat kok, buat ukuran mahasiswa bisa dibilang okelah karna gak terlalu buruk juga sihhh ...
     Nah, sekarang aku udah menghadapi yang namanya skripsi karna aku juga udah agak risih dikampus dan orang tua yang nuntut lulus cepet2, aku juga pengen cepet lulus, pengen cepet kerja, terus pengen juga cepet2 nikah ...
     Emang sihhh udah waktunya lulus, tapi kok 4 th aku kuliah ini baru sekitar 80% ilmu yang aku pahami ...
     Padahal aku masih penasaran sama ilmu2 yang lain yang aku sendiri masih belum paham banget.
     Gak sulit sihhh, tapi ribetnya minta ampun ... kurang lebih sama_lah kaya' buat blog ini ...
     Gak ada bedanya, cuma kalau skripsi itu ada penelitian dan penulisannya harus formal banget.
     Kalau udah skripsi gini saran dari kakak kelasku dulu banyak faktor - faktor yang menunjang dan banyak juga faktor - faktor yang menghambat laju kelulusan.
     Sekarang aku ngalami sendiri faktor - faktor tuw.

     faktor pendukung dan penghambat :
  1. Diri sendiri : Kalau dari diri sendiri aja udah males, yaaa ... ngalamat bertahun2 buat lulus.
  2. Si do'i       : Kalau si do'inya pengertian dan ngasih semangat tuw yang jadi idaman semua mahasiswa.
  3. Dosen       : Kalau dosen sihh aku gak ngerti banyak karna schedule orang kan beda2, kalau lagi gak ada jadual dan enak ditemuin yaaaaa ... cepet dewh lulusnya.
  4. Do'a keluarga : Nahhhh ... ini niee .... yang paling mujarab bangettttt ... do'a dari orang tua terutama ... bheeeee ... gak ada tandingannya dewh ...
  5. Lingkungan (temen maen, temen kost, temen nongkrong) : Nahhhhhh ... lingkungan juga bisa dijadikan faktor karna lingkungan yang baik pasti akan mendatangkan sifat yang baik buat kita, jadi cari lingkungan yang bisa mengerti posisi kita.
      Nahhh ... kalau udah angkatan tua juga biasanya usil2 cari kerjaan sampingan tuw.
      Aku lebih seneng nie sama mahasiswa yang kaya' gini, mau mandiri walawpun masih dalam proses merangkak.
     Gak apa - apa sihh ... tapi harus inget tuw tanggung jawab sama kewajibannya kan belajar, bukan cari uang.
          Kata orang tua, "kalau kamu udah kenal yang namanya uang, pendidikan bisa terbengkalai".
     Kalimat tuw benerrr banget ... kalau kita gak bisa tahan sesuatu hal yang belum waktunya, pasti akan kehingan dan penyesalan itu datangnya belakangan karna kalau di depan tuw namanya undangan.
             (ehhh ... gak nyambung banget ya)
     Yahhhh ... gitu dewh ... kalau pengen sesuatu dengan mandiri pasti ada dewh fikiran kaya' gitu ...
     Tapi kalo' semua itu bisa di manage pasti bisa ngerem dan gak terlalu bergantung sama kerjaan karna kalo' udah semester akhir pasti banyak nganggurnya daripada kita kuliah semester muda.
     Dalam artian gini nie, kan semua mata kuliah wajib udah habis, perbaikan juga gak terlalu banyak, tinggal skripsi, pasti banyak mau ketemu dosen aja kerjaannya dan ngelanjutin revisian.
     Nahhh ... kalau dosen gak bisa ditemui karna ada jadual harus keluar, kerjaan mahasiswa semester akhir ini gak ada, terus mau ngapain kalau gak diisi maen sama kumpul2 temen2.
     Kalau mahasiswa mandiri pasti akan berfikir, "daripada waktunya kebuang cuma buat maen dan kumpul2, mending di buat cari uang aja ... lumayan buat jajan dan beli distroan (attribute yang dijual di outlet bermerk anak remaja).
     Sekarang tinggal dipilih aja sihhh ... mau membuang waktu secara percuma dengan maen atau di pake' buat cari uang? karna fikiran setiap orang kan beda2 ...
     Semua mahasiswa semester akhir pasti akan berfikiran hampir sama karna segmen mereka pasti buat tabungan masa depan ...
     Malu euy ... udah umur kepala dua tapi fikiran masih umur kepala satu atau yang gak pake' kepala.
     Semester akhir tuw menyenangkan kok kalo' njalaninnya dengan seneng dan gak ribet.

2 komentar: